Dalam rangka mensukseskan  Program Nasional Pendataan Keluarga  Tahun 2021 (PK21), Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak (PPKB dan PPPA) Kabupaten Pacitan bersama Kepala Dinas PPKB dan PPPA kab. Pacitan dr. TH HENDRA PURWAKA,MPPM, Plt Kabid P4, Koordinator dan PKB   Kec Pacitan, Supervisor dan kader Pendata,  melaksanakan  Pendataan Keluarga langsung di rumah Pribadi Bapak INDARTANTO Bupati Pacitan tadi pagi (01 April 21). Sekaligus bapak Bupati melaunching pelaksanaan PK 21 mulai hari ini tanggal 01 April sampai dengan 31 Mei 2021.
Didalam kesempatan itu bapak Bupati mendukung dan  menghimbau masyarakat untuk bersama-sama mensukseskan Program Pendataan Keluarga tahun 2021 karena pendataan keluarga ini sangat penting untuk keluarga-keluarga kita dengan  tujuan kedepanya Pacitan lebih baik dan rakyatnya hidup sejahtera. Pendataan Keluarga   harus benar dan akurat,  hal ini ini dimaksudkan agar  memperoleh data yang akurat yang dapat di pertanggung jawabkan.
Pelaksanaan  Pendataan Keluarga tahun 2021  yaitu dengan  metode yang kita pakai adalah  30 % pakai paper dan 70 % memakai smardpon. Adapun  indicator nya   adalah untuk  memperoleh basis data yaitu:  Pendataan terkait Kependudukan, Pendataan terkait Keluarga Berencana, Pendataan terkait Pembangunan Keluarga ditambah mengenai Stunting.
Tujuan Pendataan Keluarga adalah menyediakan  basis data keluarga untuk intervansi Program Pembangunan Keluarga, Kependudukan, Keluarga Berencana(KB) dan Program lainya di Indonesia, Selain data keluarga juga menghasilkan data individu by name by address yang menjadi peta sasaran intervensi program dan dapat ditelusuri dari tingkat Pusat, Provinsi, Kabupaten, Kecamatan, Desa/ Kelurahan sampai dengan tingkat RT bahkan keluarga sebagian Unit analisis terkecil.
Basis data ini akan menghasilkan profil Pasangan Usia Subur (PUS) , keluarga dengan Balita, Keluarga dengan Remaja, Keluarga dengan Lansia yang tidak tersedia secara lengkap pada sumber data manapun kecuali melalui pelaksanaan Pendataan Keluarga, selain itu dapat memperoleh data mikro yang valid yang tidak hanya bermanfaat  bagi BKKBN tetapi juga pihak terkait yang membutuhkan.
Pendataan Keluarga Tahun 2021 merupakan kegiatan strategis Program Pembangunan Keluarga , Kependudukan  dan Keluarga Berencana ( bangga Kencana) . Hasil pendataan dipakai untuk kepentingan perencanaan , evaluasi dan pengukuran kinerja  hingga diwilayah administrasi terkecil . Semua pihak yang terlibat dalam kegiatan ini dituntut untuk bekerja keras serta memiliki semangat dan komitmen yang tinggi untuk mensukseskan.
Pendataan Keluarga juga bisa digunakan untuk mendiaknose kemiskinan , ketertinggalan pembangunan hingga keluarga berkualitas dengan kondisi yang berbeda-bedaantar wilayah. Untuk itu selama Pendataan Keluarga juga dimanfaatkan oleh lembaga terkait . Diantaranya dalam program-program pemberdayaan masyarakatdan sosial kedepan, juga dapat digunakan untuk menganalisis diantaranya tingkatan kesejahteraan yang berbeda-beda antar keluarga.Pendataan Keluarga ini juga memasukkan indicator stunting sehingga nantinya akan terpetakan keluarga dengan resiko tinggi stunting.

Launching PK 21 oleh Bupati Pacitan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *