No Widgets found in the Sidebar

Perencanaan pernikahan tidak hanya sebatas kebahagiaan semata namun juga perlu untuk mempersiapkan ketahanan keluarga agar tidak gagal di tengah jalan.

Menindaklanjuti program ketahanan keluarga maka pemerintah Desa Jatigunung Kecamatan Tulakan bekerjasama dengan Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Kab. Pacitan (PPKB PPPA) melakukan sosialisasi pada hari senin ( 10/11/2021) kepada remaja tentang persiapan menghadapai pernikahan. Sosialisasi tersebut di hadri oleh 30 remaja Desa Jatigunung dan sekitarnya.

Kepala Desa Jatigunung bapak Mislan, menyampaikan bahwa “generasi zaman dulu berbeda dengan generasi zenial dan milenial sehingga perlu pemahaman secara luas”. Tuturnya.

Fenomena yang terjadi di kecamatan tulakan saat ini terkait dengan pernikahan dini dan angka perceraian yang cukup tinggi di kecamatan tulakan menjadi perhatian kusus oleh pemerintah desa setempat.

Kepala KUA  kecamatan Tulakan Fajar Janna sebagai narasumber pertama menyampaikan “persiapan dan kedewasaan perlu untuk disiapkan para remaja calon pengantin  agar mampu menghadapi berbagai tantangan saat berkeluarga”. dilanjutkan pada materi 2 yang di sampaikan oleh kak Fajri sebagai ketua Insan GenRe Kab. Pacitan. Dan binaan dinas PPKB PPPA Kab. Pacitan menyampaikan “remaja yang ingin menikah harus mempersiapkan berbagai hal seperti menguasai 6 life skill sebagai bekal individu dalam mempersiapkan pernikahan”. Imbuhnya. Diharapkan kegiatan sosialisasi ini terus berlanjut dan bersinergi dengan dinas terkait sebagai komitmen pemerintah desa jatigunung dalam menangani pernikahan dini dan pendampingan remaja dalam menghadapi bahtera rumah tangga.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *